PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS V SD NEGERI 1 LANGAGON
Keywords:
Problem Based Learning, motivasi belajar, hasil belajar, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi "Lebih Dekat dengan Nama-Nama Allah" di kelas V SD Negeri 1 Langagon melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 10 siswa, terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 63% dengan nilai rata-rata 73,26. Setelah perbaikan pada siklus II, persentase ketuntasan belajar meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 81,7. Peningkatan ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang menarik, keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, serta penerapan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah yang sistematis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rekomendasi diberikan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran inovatif seperti PBL guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif