MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE JIGSAW PADA MATERI AKU ANAK SALEH DI KELAS IV SD NEGERI 1 POIGAR, BOLAANG MONGONDOW

Authors

  • Febrianti Angginaloi SD Negeri 1 Poigar

Keywords:

Metode jigsaw, Hasil Belajar, Aku Anak Saleh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Poigar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui metode jigsaw materi aku anak saleh. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus tindakan. Subjek dari penelitian ini adalah kelas 4 SD Negeri 1 Poigar Tahun ajaran 2024/2025, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1 nilai rata-rata 66,8 dan pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik mencapai 85,5 dengan Kriteria Ketuntasan Taraf Pemahaman (KKTP) meningkat dari 50% menjadi 80%. Secara keseluruhan penerapan metode jigsaw meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam berinteraksi, berdiskusi, dan membangun pengetahuan secara aktif.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Angginaloi, F. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE JIGSAW PADA MATERI AKU ANAK SALEH DI KELAS IV SD NEGERI 1 POIGAR, BOLAANG MONGONDOW. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 639–650. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6154