MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENYAYANGI ANAK YATIM KELAS V DI SD NEGERI 1 MOPAIT

Authors

  • Silvia Febrianti Amba SDN 1 Mopait

Keywords:

hasil belajar, problem based learning, menyayangi anak yatim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi "Menyayangi Anak Yatim" melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas V SD Negeri 1 Mopait. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar adalah 46,6%, dan meningkat menjadi 93,4% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan keterlibatan aktif, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Amba, S. F. . (2024). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MENYAYANGI ANAK YATIM KELAS V DI SD NEGERI 1 MOPAIT. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 621–638. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6153