Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Pada Materi Shalat Gerhana, Istiska Dan Jenazah Di Kelas VIII B SMP Negeri 4 Sang Tombolang

Authors

  • Sulistiani Mamonto SMP Negeri 4 Sang Tombolang

Keywords:

kooperatif TGT, gerhana, istiska, jenazah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMPN 4 Sang Tombolang pada materi shalat gerhana, shalat istiska', dan shalat jenazah melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Fase D pada sekolah SMPN 4 Sang Tombolang Tahun Ajaran 2024/2025, yang terdiri dari  peserta didik laki-laki ada 13 dan peserta didik perempuan ada 10 dengan total keseluruhan adalah 23 peserta didik di satu ruangan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe tipe Teams Games Tournament (TGT) yang berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi shalat gerhana, shalat istiska', dan shalat jenazah. Setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe tipe Teams Games Tournament (TGT) berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada siklus I terdapat 7 siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai 72,4%, dan peningkatakan 83 %  penelitian di lanjutkan pada pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 91,6% pada siklus II terdapat 9 siswa yang tuntas dan 1 yang tidak tuntas dengan rata-rata nilai yang tuntas yaitu 86,5. Peserta didik lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Mamonto, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Pada Materi Shalat Gerhana, Istiska Dan Jenazah Di Kelas VIII B SMP Negeri 4 Sang Tombolang. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 609–620. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6152