PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Keywords:
Iman Kepada Kitab-kitab Allah, Problem Based Learning (PBL), Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Dumoga Tahun Ajaran 2023/2024 pada materi iman kepada kitab-kitab Allah melalui model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus pertama dan kedua membahas materi iman kepada kitab-kitab Allah SWT. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 11 peserta didik. Teknik utama dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan observasi, sementara teknik pendukung dengan menggunakan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII mulai dari pra tindakan, siklus I dan siklus II, yaitu 23 % pada tahap pratindakan meningkat menjadi 53,84 % pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 84,61 % pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Dumoga.