MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MEMAHAMI PESAN POKOK Q.S AL-MA’UN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH

Authors

  • Muthmainnah Puji Hamu SDN 54 Dumbo Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN 54 Dumbo Raya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam memahami pesan pokok Q.S Al-Ma’un melalui penerapan metode Make A Match. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami kandungan Q.S Al-Ma’un, yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang menarik dan interaktif. Metode Make A Match dipilih karena melibatkan aktivitas mencari pasangan kartu dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus 1, hasil belajar siswa belum optimal dengan rata-rata nilai kelas mencapai 65, dan hanya 55% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah dilakukan refleksi, perbaikan dilakukan pada siklus 2 dengan penekanan lebih pada pemahaman siswa dan peningkatan keterlibatan dalam kegiatan diskusi. Hasilnya, pada siklus 2, rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 80, dengan 85% siswa mencapai KKM. Peningkatan signifikan dari siklus 1 ke siklus 2 menunjukkan bahwa penerapan metode Make A Match secara bertahap dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pesan pokok Q.S Al-Ma’un. Metode ini juga terbukti mampu meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga memberikan dampak positif terhadap hasil belajar mereka.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Muthmainnah Puji Hamu. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MEMAHAMI PESAN POKOK Q.S AL-MA’UN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 477–484. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5562