MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL ROLE PLAYING MATERI KISAH NABI IBRAHIM DI KELAS II

Authors

  • Rena Kasan Sekolah Dasar Negeri 74 Kota Tengah

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam membina manusia menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru berperan dalam proses pembelajaran yang dapat mengubah hasil belajar siswa dengan adanya metode pembelajaran role play dapat membantu guru dalam memberikan pembelajaran agar siswa mudah dalam memahami pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi kisah Nabi Ibrahim menggunakan model pembelajaran role playing pada siswa kelas 2 Semester 1 di SDN 74 Kota Tengah. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa untuk materi kisah Nabi Ibrahim pada siswa kelas 2 Semester 1 di SDN 74 Kota Tengah. Hal ini menjadikan siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 68,75 dengan aktivitas siswa berada pada angka 63,6. Pada siklus 2 siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 91,25 dengan aktivtias berada pada angka 82,5.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Rena Kasan. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL ROLE PLAYING MATERI KISAH NABI IBRAHIM DI KELAS II . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 3(4), 455–463. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5560