PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN DAN HADIS DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Qur'an dan Hadis sebagai pedoman hidup melalui penerapan pendekatan Problem-Based Learning (PBL) di kelas VII SMP Negeri 5 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data meliputi tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa adalah 70, dan meningkat menjadi 85 pada siklus kedua. Selain itu, terdapat peningkatan motivasi belajar siswa, yang teridentifikasi melalui hasil angket dan observasi selama proses pembelajaran. Dengan demikian, pendekatan PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada materi Al-Qur'an dan Hadis.