PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH PADA MATERI MAKNA HARI AKHIR DALAM MENINGKATKAN POTENSI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS 5 SDN 11 TABONGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan potensi hasil belajar peserta didik melalui metode index card match pada materi PAI. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase C kelas 5 di SDN 11 Tabongo Tahun Ajaran 2023/2024yang terdiri dari 14 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Makna Hari Akhir”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya metode Index Card Match hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 5 peserta didik (36%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 69,42. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak peserta didik 6 (42.85%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70.14 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 13 peserta didik (92%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86.78%. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Index Card Match. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.