PENERAPAN MODEL TPACK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IMAN KEPADA QADHA’ DAN QADAR KELAS VI SD NEGERI 2 BONGOMEME
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Peserta Didik pada materi Qadha dan Qadar di kelas VI SD Negeri 2 Bongomeene. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model TPACK. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah: "Apakah penerapan model TPACK dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Qadha dan Qadar di kelas VI SD Negeri 2 Bongomeene?" Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar Peserta Didik, dengan rata-rata hasil belajar pada pra-siklus sebesar 74,13 dan meningkat menjadi 85,47 pada siklus II. Ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan dari 53% pada pra-siklus menjadi 80% pada siklus II. Dampak penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman Peserta Didik tentang materi Qadha dan Qadar serta menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pendidik lain dalam meningkatkan hasil belajar melalui penggunaan model TPACK.