Meningkatkan Tata Cara Salat Berjamaah Melalui Metode TPACK Berbasis Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Kawangkoan

Penulis

  • Haspiah SD Negeri Kawangkoan

Kata Kunci:

Tata Cara Salat Berjamaah, Metode TPACK, Tutor Sebaya

Abstrak

Tujuan penelitian: untuk meningkatkan tata salat berjamaah siswa kelas IV mata pelajaran PAI di SD Negeri Kawangkoan. Metode penelitian: penelitian tindakan kelas, jumlah siswa 15 orang, dan prosedur penelitiannya terdiri dari pra siklus, siklus-1 dan siklus-2. Hasil penelitian: 1) Ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PAI di SD Negeri Kawangkoan Atas sebelum dan sesudah implementasi metode pembelajaran berbasis Tutor sebaya. Hasil Pra siklus interval nilai <75 berjumlah 2 siswa, 76-83 berjumlah 8 siswa, 84-92 berjumlah 3 siswa dan 93-100 berjumlah 2 siswa. Siklus-1 dengan interval nilai <75 berjumlah 2 siswa, nilai 76-83 berjumlah 4 siswa, 83-92 berjumlah 6 siswa dan 93-100 berjumlah 3 siswa. siklus-2 dengan interval nilai <75 berjumlah 0 siswa, nilai 76-83 berjumlah 3 siswa, 83-92 berjumlah 9 siswa dan 93-100 berjumlah 3 siswa. Hal ini menunjukkan ada peningkatan pemahaman siswa dari pra siklus, siklus-1 dan siklus-2 di mana ada kenaikan interval nilai. 2) Ada peningkatan penerapan tata cara salat berjamaah siswa kelas IV mata pelajaran PAI di SD Negeri Kawangkoan Atas sebelum dan sesudah implementasi metode pembelajaran berbasis tutor sebaya. Pra siklus kategori sangat rendah 2 orang (13%),  rendah 4 orang (27%), cukup 5 Orang (34%), tinggi 2 orang (13%) dan sangat tinggi 2 orang (13%). Siklus-1 kategori sangat rendah 0 orang (0%), rendah 1 siswa (7%), cukup 8 orang (57%) dan tinggi 3 orang (22%) dan sangat tinggi berjumlah 2 orang (14%). Siklus-2  dengan kategori sangat rendah dan rendah tidak ada, cukup 2 orang (13%) dan tinggi 8 orang (54%) dan sangat tinggi berjumlah 5 orang (33%). Kesimpulannya: ada peningkatan pemahaman dan penerapan tata cara salat berjamaah belajar siswa kelas IV mata pelajran PAI di SD Negeri Kawangkoan

Diterbitkan

2023-02-02

Cara Mengutip

Haspiah. (2023). Meningkatkan Tata Cara Salat Berjamaah Melalui Metode TPACK Berbasis Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Kawangkoan. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 259–268. Diambil dari https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5397