Penggunaan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Indahnya Ketetapan Allah Makna Iman Kepada Qada dan Qadhar Kelas V SD Inpres Gangga Dua

Authors

  • Firman Aliu SD Inpres Gangga Dua

Keywords:

Metode Jigsaw, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik Pada Materi Indahnya Ketetapan Allah pada  Peserta Didik kelas V SD Inpres Gangga Dua tahun 2022 yang terdiri dari 8 orang Peserta Didik laki-laki : 6 Peserta Didik, 12 Permpuan : 18 Peserta Didik. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Jigsaw Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD Inpres Gangga Dua  yakni dari sebelum peneliti menerapakan metode Jigsaw Learning hasil belajar siswa menunjukan ketuntasan sebanyak 44% dengan nilai rata-rata 72.2 setelah peneliti menerapakan metode Jigsaw Learning dengan tahapan pelaksanaan sebanyak 2 siklus, maka hasil belajar siswa meningkat, di siklus 1 presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 72% dengan nilai rata- rata 76.6 sedangkan di siklus 2 meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 86.6. Setelah dilaksanakan siklus 2 hasil nilai siswa mengalami perubahan yang baik.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Aliu, F. (2023). Penggunaan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Indahnya Ketetapan Allah Makna Iman Kepada Qada dan Qadhar Kelas V SD Inpres Gangga Dua. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 233–244. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5395