Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Teladan Mulia Asmaul Husna SD Negeri 10 Sangkub

Authors

  • Elfira Lakoro SDN 10 Sangkub

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Card Sort, Teladan Mulia Asmaul Husna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Teladan Mulia Asmaul Husna di SD Negeri 10 Sangkub pada tahun ajaran 2021/2022 dengan menggunakan metode Card Sort. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa siklus, masing-masing siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 10 Sangkub.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Card Sort dapat meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran serta memperbaiki hasil belajar mereka. Pada siklus pertama, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan, dan pada siklus kedua, peningkatan tersebut menjadi lebih baik dengan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) semakin bertambah. Temuan ini menunjukkan bahwa metode Card Sort efektif dalam membantu siswa memahami materi Teladan Mulia Asmaul Husna dengan lebih mudah dan menyenangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode Card Sort dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, meningkatkan partisipasi aktif mereka, serta membantu guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif. Penelitian ini merekomendasikan metode Card Sort sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk materi lain yang membutuhkan keterlibatan aktif siswa.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Lakoro, E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Teladan Mulia Asmaul Husna SD Negeri 10 Sangkub. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 223–232. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5394