Peningkatan Keterampilan Praktik Tayamum Dengan Penerapan Metode Demonstrasi Di Kelas 2 SD Inpres Suwaan

Authors

  • Devithania Enga SD Inpres Suwaan

Keywords:

Keterampilan Praktik Tayamum, Metode Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan praktik tayamum siswa di kelas 2 SD Inpres Suwaan melalui penerapan metode demonstrasi. Metode ini dipilih karena kesulitan yang dialami siswa dalam memahami dan mempraktikkan tayamum dengan benar, yang sebelumnya diajarkan hanya melalui ceramah dan media visual. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sampel penelitian ini yaitu siswa muslim kelas 2 SD Inpres Suwaan sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan siswa. Pada siklus pertama, hanya 50% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan dengan rata-rata nilai 68, oleh karena itu penelitian dilanjutkan pada siklus kedua dengan menambahkan media pembelajaran yang berdiferensiasi untuk setiap siswa sehingga pada siklus kedua ini terjadi peningkatan dengan seluruh siswa mencapai ketuntasan 100% dengan rata-rata nilai 94. Dengan demikian, metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam praktik tayamum.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Enga, D. (2023). Peningkatan Keterampilan Praktik Tayamum Dengan Penerapan Metode Demonstrasi Di Kelas 2 SD Inpres Suwaan. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 179–194. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5391