Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Q.S Al-Hujurat Ayat 13 Kelas IV SD Negeri 2 Kotabunan
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Hasil BelajarAbstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran aktif model Problem Based Learning, Dengan model Problem Based Learning siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran dan model ini sebagai salah satu alternative yang menjadikan pembelajaran lebih aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus, dan yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik Kelas SD Negeri 2 Kotabunan yang berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran aktif model Problem Based Learning mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik tiap siklusnya, yaitu pada siklus I sebesar 65 dan siklus II sebesar 74. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran model pembelajaran (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas di SD Negeri 2 Kotabunan.