Mengenal Solat Jumat, Duha dan Tahajud Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di Kelas IV SD Negeri 1 Modayag

Authors

  • Syaid Bin Rahman Mokoagow SDN 1 Modayag

Keywords:

daya serap, model Problem Based Learning, Solat Jumat, Duha dan Tahajud.

Abstract

Untuk mengetahui hasil belajar Peserta Didik dapat ditingkatkan Melalui Model Problem Based Learning Pada Materi Mengenal Solat Jumat, Duha dan Tahajud di Kelas IV SD Negeri 1 Modayag, yang terdiri dari 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh mmelalui model Problem Based Learning berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Mengenal Solat Jumat, Duha dan Tahjud. Sebelum diterapkannya model Problem Based Learning  peserta didik kurang dari 70% yang tuntas. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 8 peserta didik yang tuntas dalam pembelajaran dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 peserta didik (92,15%) tuntas dalam pembelajaran. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Mokoagow, S. B. R. (2023). Mengenal Solat Jumat, Duha dan Tahajud Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik di Kelas IV SD Negeri 1 Modayag. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 123–139. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5387