Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Senangnya Berteman di Kelas 5 SDN 2 Mongkonai

Authors

  • Siti Amrina Paputungan SDN 2 Mongkonai

Keywords:

Pemahaman, Kooperatif Tipe Jigsaw, Senangnya Berteman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik  kelas 5 SDN 2 Mongkonai tentang materi senangnya berteman  khususnya pada sub materi yaitu persaudaraan dalam islam dengan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah Peserta didik yang ada pada SDN 2 Mongkonai Tahun Ajaran 2021/2022 Tahun Ajaran Genap, yang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan dengan total keseluruhan adalah 12 peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi senangnya berteman pada sub materi persaudaraan dalm islam yaitu macam-macam ukhuwah. Setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik tersebut pada siklus I sebanyak 10 peserta didik (83,33 %)  yang tuntas dalam pembelajaran materi macam-macam ukhuwah yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 85,08% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 11 peserta didik (91,67%) dengan nilai rata-rata 87,33%. Peserta didik lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Paputungan, S. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Senangnya Berteman di Kelas 5 SDN 2 Mongkonai. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 93–108. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5386