Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Audio Visual pada Materi Haji Wada’ Kelas V SD Negeri 1 Sinindian

Authors

  • Sumiyati Tawainela SD Negeri 1 Sinindian

Keywords:

Audio Visual, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Haji Wada’ mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Penelitian termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah SDN 1 Sinindian Tahun Ajaran 2021/2022, yang terdiri dari 10 peserta didik. Teknik penggumpuilan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dengan penggunaan media audio visual berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Haji Wada’. Setelah diterapkannya penggunaan media audio visual pada pembelajaran pada siklus 1 sebanyak 5 siswa (50%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 66,8 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 10 siswa (80%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 87,1. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Tawainela, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Audio Visual pada Materi Haji Wada’ Kelas V SD Negeri 1 Sinindian. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 43–54. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5381