Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Materi Surah An-Nas Kelas II SDN 4 Kopandakan

Authors

  • Aswari Mahmud SDN 4 Kopandakan Kota Kotamobagu

Keywords:

Model Direct Instruction, Pemahaman Peserta Didik, Surah An-Nas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik materi surah An-Nas melalui Model Pembelajaran Direct Instruction. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas 2 SDN 4 Kopandakan tahun pelajaran 2022/2023 yang teridiri dari 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran direct instruction berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik materi surah An-Nas. Sebelum diterapkan model pembelajaran direct instruction hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 6 peserta didik (40%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72,00. Setelah diterapkan model pembelajaran direct instruction pada siklus I sebanyak 9 peserta didik (60%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75,00. dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 14 peserta didik (93%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 84,13. Peserta didik lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran karena model pembelajaran ini mendukung secara peserta didik berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Mahmud, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Materi Surah An-Nas Kelas II SDN 4 Kopandakan. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 27–42. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5380