PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL DO’A SHOLAT DI KELAS VII-1 SMPN 2 TIBAWA

Authors

  • Pandi Mohamad SMP Negeri 2 Tibawa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalalam melafalkan do’a- do’a sholat, sehingganya peneliti bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam melafalkan Do’a-do’a Sholat pada materi hakikat sholat dan zikir dengan menggunakan Metode Drill. Subjek penelitian dilakukan pada Peserta didik kelas VII-1  yang berjumlah 25 peserta didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Tibawa. Jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Tes kemampuan dan Dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriftif dengan menggunakan teknik presentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil tes kemampuan siswa dalam melafalkan do’a sholat pada kemampuan awal sebelum dilakukan tindakan hanya mencapai rata-rata 58,2 dengan presentase ketuntasan 24%, pada siklus I meningkat dengan rata-rata 68,48 dengan presentase ketuntasan 48%,  kemudian pada siklus II terjadi peningkatan 80,32 dengan presentase ketuntasan 96% melampaui standar KKTP 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam menerapkan metode latihan (drill) dapat meningkatkan keterampilan menghafal do’a-do’a sholat dalam materi Hakikat Solat dan Zikir mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik dan benar pada mata pelajaran agama Islam dikatakan berhasil.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Pandi Mohamad. (2022). PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENGHAFAL DO’A SHOLAT DI KELAS VII-1 SMPN 2 TIBAWA. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 299–316. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5364