DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MANFAAT MENGHINDARI PENYAKIT SOSIAL DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI SMKN 1 MOOTILANGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi manfaat menghindari penyakit sosial dengani model project based learning. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik fase F kelas XI di SMKN 1 Mootilango Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 21 peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning), 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Analisis data ini dilakukan dengan menggunakan rumus presentase yaitu: Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Manfaat menghindari penyakit sosial”. Pada pra siklus sebelum diterapkannya model Project based learning hasil belajar peserta didik secara klasikal hanya 7 peserta didik (33,33%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 73,10. Setelah diterapkannya model tersebut pada siklus I sebanyak peserta didik 16 (76,19%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 75.33 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 19 peserta didik (90,47%) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88.09. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Project based learning. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena model ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.