PENERAPAN METODE TALKING STICK PADA MATERI BERLOMBA LOMBA DALAM KEBAIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 LIMBOTO BARAT

Authors

  • Fenti S. Idris SMA Negeri 1 Limboto Barat

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini adalah berikut ini : 1. Merencanakan tindakan (Planning) 2. Melaksanakan Tindakan (Action), 3. Observasi (Observation), dan 4. Refleksi (Reflektion). Analisis data ini dilakukan dengan menggunakan rumus presentase yaitu: Hasil penelitian, berdasarkan hasil test pada pra siklus, siklus I dan siklus II terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti khususnya pada materi “Berlomba-lomba dalam Kebaikan Pada pra siklus sebelum diterapkannya metode Talking Stick  hasil belajar peserta didik  secara klasikal hanya 5 peserta didik  (16,12%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 55,96. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak  peserta didik  17 (54,83 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 70,80 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 28 peserta didik  (90,32 %) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 84,83. Kenaikan ini menunjukkan kemajuan yang substansial dalam peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Talking Stick. Peserta didik  lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Fenti S. Idris. (2022). PENERAPAN METODE TALKING STICK PADA MATERI BERLOMBA LOMBA DALAM KEBAIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 LIMBOTO BARAT . Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 235–242. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5358