MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEMBACA DAN MENGARTIKAN Q.S AL-ALAQ MELALUI METODE READING ALOUD DI KELAS III SDN 12 BOLIYOHUTO KECAMATAN BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Ervina SDN 12 Boliyohuto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Hasil Belajar Menggunakan reading aloud pada Materi membaca dan mengartikan Q.S Al-Alaq untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III di SDN 12 Boliyohuto Kec. Boliyohuto Kab.Gorontalo. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas III SDN 12. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode reading aloud dalam pembelajaran membaca dan mengartikan QS. Al-Alaq di kelas III SDN 12 Boliyohuto dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada siklus I 71,15 dengan prosentasi ketuntasan siswa 83,87%. Dan walaupun pada siklus II dilaksanakan di kelas IV nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 53,84 dengan persentasi ketuntasan 85,72% dan sudah tercapai sesuai standar sekolah. Selain itu, observasi aktivitas mengajar guru juga mengalami peningkatan dari siklus I cukup dan siklus II sudah baik.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Ervina. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEMBACA DAN MENGARTIKAN Q.S AL-ALAQ MELALUI METODE READING ALOUD DI KELAS III SDN 12 BOLIYOHUTO KECAMATAN BOLIYOHUTO KABUPATEN GORONTALO. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 225–234. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5357