PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA AL- QUR’AN (QS. ALI-IMRAN : 190-191 dan Qs. AR-RAHMAN : 33 PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TELAGA)
Abstract
Permasalahan yang sering ditemui dalam pembelajaran PAI adalah rendahnya hasil belajar membaca al-Qur’an. Banyak siswa yang masih belum tuntas dalam hal membeca al-Qur’an. Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar membaca al-Qur’an tersebut yaitu melalui implementasi pembelajaran dengan tutor sebaya. Metode tutor sebaya dilakukan guna meningkatkan hasil belajar membaca Q.S Ali-Imran :190-191 dan Q.S Ar-Rahman :33 peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar membaca Q.S Ali-Imran :190-191 dan Q.S Ar-Rahman :33 pada peserta didik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Telaga berjumlah 19 anak,. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% atau 16 orang siswa tuntas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 69,23% dengan ketuntasan 9 orang dan pada siklus II sebesar 85,71% dengan ketuntasan 16 orang. Data data tersebut di atas jelas menunjukkan pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tercapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai.