UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI ZAKAT FITRAH DI KELAS 5 SD NEGERI 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Neliaty I. Mobonggi SDN 1 Limboto

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) dengan subjek penelitian adalah kelas 5 SD Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi dengan instrument penelitian yakni lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, tes dan juga lembar hasil belajar peserta didik. Adapun teknik analisis data dilakukan berdasarkan pedoman penelitian tindakan kelas yakni analisis secara deksriptif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas 5 SDN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo pada materi zakat fitrah dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tindakan yakni 1) Aktivitas guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe numbered head together pada siklus I hanya mencapai 63% dan pada siklus II  meningkat menjadi 94%. Peningkatan ini disebabkan adanya perbaikan yang dilakukan berdasarkan catatan pada siklus I, 2) Aktivitas belaja peserta didik pada siklus I hanya berkisar 50% sementara pada siklus II mencapai peningkatan sebesar 93 %, 3) Hasil Belajar peserta didik pra siklus masih rendah yakni 36% ketuntasan belajar, sementara setelah dilakukan tindakan maka pada siklus I meningkat menjadi 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 96% dengan jumlah peserta didik yang sudah tuntas berjumlah 24 orang dan 1 perserta didik memerlukan remedial

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Neliaty I. Mobonggi. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI ZAKAT FITRAH DI KELAS 5 SD NEGERI 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO. Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 39–48. Retrieved from https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/5330