PENGARUH PENERAPAN METODE INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MEMAHAMI Q.S. AL-HUJURAT/49:13 PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 TOLANGOHULA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas metode pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa. Menggunakan studi tindakan kelas, penelitian ini melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjeknya adalah siswa kelas VI yang mengalami kesulitan memahami konsep dasar. Observasi awal menunjukkan kurangnya partisipasi siswa, sehingga diterapkan metode pembelajaran interaktif seperti diskusi kelompok dan permainan edukatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes untuk mengevaluasi perubahan pemahaman siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam partisipasi dan pemahaman materi, dengan siswa lebih antusias berkontribusi dalam diskusi. Penelitian menyimpulkan bahwa metode interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa dan menciptakan lingkungan belajar positif. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah mengadopsi variasi metode yang sesuai dengan karakteristik siswa.