Pengendalian Pendidikan terhadap Media Pembelajaran Dalam Urgensi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid –19

Authors

  • Hasna R. Tatu Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Siti Asiah Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Abdurrahman Mala Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Keywords:

controlling, pendidikan , Pembelajaran daring

Abstract

Pandemi COVID-19 (corona  virus  disease 2019)   pertama   muncul   di   akhir   tahun   2019  tepatnya di Wuhan, China. COVID-19 merupakan sebuah  virus  yang  penularannya  sangat  cepat  dan sulit  untuk  mengetahui  ciri-ciri  orang  yang  sudah terjangkit   virus   ini   karena   masa   inkubasinya kurang   lebih   selama   14   hari. Indonesia termasuk dalam krisis wabah covid -19 yang mengakibatkan sekolah ditutup yang mengharuskan semua instansi memikirkan masa depan peserta didik dengan melakukan pembelajaran daring. Sehingganya dibutuhkan pengendalian yaitu controlling terhadap penggunaan media dalam situasi pembelajaran daring.

Pembelajaran daring merupakan situasi belajar mengajar yang dilakukan tanpa tatap muka secara fisik namun dilakukan secara virtual dengan menggunakan media melalui aplikasi Whatshap. Sedangkan yang dimaksud dengan pengendalian atau controlling dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk mengawasi keefektifan dalam penggunaan media pembelajaran.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun yang menjadi lokasi penelitian ini adalah SDIT Permata umat yang berada di kecamatan tibawa. Hasil penelitian terkait dengan pengendalian pendidikan yakni controlling yang dilakukan kepala sekolah terhadap media pembelajaran melalui whatshap yakni kepala sekolah memiliki hak penuh terhadap pengendalian pendidikan yakni controlling yang dilakukan terhadap pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran daring menggunakan media pembelajaran melalui aplikasi Whatshap. Karena media merupakan hal terpenting dalam pembelajaran.

 

Downloads

Published

2022-05-30

Issue

Section

Articles