Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Selatan

Authors

  • Indah Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Dahniyar Daud Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya
  • Ruslan Ahmad Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya

DOI:

https://doi.org/10.30603/ab.v20i2.5760

Keywords:

Moral Obligations, Service Quality, Taxation sanctions, Taxpayer Compliance

Abstract

This study aims to find out how moral obligations, service quality and tax penalties affect taxpayer compliance at the South Makassar Pratama tax office. Data collection using primary data obtained from questionnaires using sample techniques based on the Slovin formula.  The population is 199.177 taxpayers at South Makassar Primary Tax Office, with a total of 100 respondent taxpayers. Data analysis in this study uses multiple regression analysis. The results showed a positive and significant hypothesis. This means that moral obligations, service quality and tax penalties have a positive and significant effect on taxpayer compliance

References

Adiasa, N. (2013). Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Moderating Preferensi Risiko. Accounting Analysis Journal, 2(3).

Adikara, A., & Rahayu, S. (2022). Pengaruh Pengenaan Sanksi, Pelayanan Fiskus & Moralitas Pelayanan Pajak Teradap Kepatuhan Pajak. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 17. https://doi.org/10.31000/combis.v4i2.5188

Agustin, T., & Siregar, D. L. (2020). Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure dan Rotasi Audit Terhadap Kualitas Audit Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 8(1), 637–646.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes.

Anastasia, R., Mendra, N. P. Y., & Saitri, P. W. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Gianyar. Jurnal Kharisma, 4(2), 269–279.

Daud, D., & Mispa, S. (2022). Kebijakan Pajak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 3(2), 375–380. https://doi.org/10.31092/jpkn.v3i2.1389

Fitriyanto, R., & Handriyantini, E. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Pemungutan Pajak Reklame Berbasis Website Menggunakan Metode Scrum Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lombok Barat. J-INTECH (Journal of Information and Technology). https://doi.org/https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v11i2.2624

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 25. Universitas Diponegoro.

Hassaldine, J. (2021). Advance in Taxation. Emerald Publishing Limited.

Irawati, S., & Sari, A. K. (2019). Pengaruh Presepsi Wajib Pajak Dan Preferensi Risiko Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi Barelang, 3(2).

Juwita, & Wasif, S. K. (2020). Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak dan Penerapan E-SAMSAT terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(1), 1–15.

Mardiasmo. (2018). Perpajakan. Andi.

Mardiasmo. (2020). Perpajakan. Andi Offset.

Mulyati, Y., & Ismanto, J. (2021). Pengaruh Penerapan E-Filing, Pengetahuan Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Pegawai Kemendikbud. JABI (Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia), 4(2), 139. https://doi.org/https://doi.org/10.32493/jabi.v4i2.y2021.p139-155

Murti, G. T., Aini, A. S., Candraningtias, A. S., Kayladifah, S. A., &, & Puji, N. C. (2023). Pengetahuan Tata Cara Perpajakan; Hak dan Kewajiban WP, Pendaftaran dan Penghapusan NPWP, dan Pengukuhan NPPKP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling.

Nazwah, H. (2023). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada KPP Pratama Pondok Gede). Jurnal Ekonomi Perjuangan, 1(2), 92–112.

Prastyowati, Ii. (2020). Pengaruh Kualiatas Pelayanan, Kewajiban Moral Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Kepatuhan Wajib Pajak Badan Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta Tahun 2018. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanti, N., & Herawati, N. T. (2020). Pengaruh Kewajiban Moral, Love of Money, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Implementasi E-Samsat Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.

Putri, D. O., Nadi, L., Akuntansi, J., & Pamulang, U. (2024). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Orang Pribadi Di KPP Pratama Depok Sawangan). Jurnal Maneksi, 13(1), 98–103.

Rahmadika, L., Iskandar, N. S., & Afifudin. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Daerah. E-Jra, 9(4), 63–75.

Resmi, S. (2019). Perpajakan (Teori & Kasus). Salemba Empat.

Riani Yuliana, Y. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS DAN PENERAPAN APLIKASI E-SYSTEM PAJAK TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di KPP Pratama Surabaya Gubeng). In Undergraduate thesis, STIESIA SURABAYA.

Rohmah, & Mufidatur, L. (2022). Sistem Pelayanan Pajak Modern. Cetakan Pertama, Penerbit: Lembaga Penelitian dan pengabdian Masyarakat(LPPM)JawaTimur.

Saharuddin, R. I. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kewajiban Moral Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Pangkep. 17.

Salim, A., & Haeruddin. (2019). Dasar-Dasar Perpajakan. LPP Mitra Edukasi.

Sapriadi. (2023). Pengaruh Pelayanan Responsif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis. https://doi.org/https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jab/article/view/12345

Sapriadi, D. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Sanksi Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Penelitian Mahasiswa, 2(3), 74–85.

Sista, N. P. A. (2019). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Moral, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Gianyar. E-Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen, 1(1).

Siwi, A. M. (2020). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Empiris di Kelurahan Giripurwo Kecamatan Wonogiri). Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakar.

Smith, J & Johnson, R. (2023). Definisi Kualitas Pelayanan. RedaSamudera.Id.

Sudirman. (2020). Pengaruh Kewajiban Moral Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Sugiyono, P. D. (2018b). Metode Penelitian Bisnis (Sofia Yustiani Suryandari (ed.); Edisi ke-3). Alfabeta.

Supriatiningsih, & Jamil, M. (2021). Pengaruh Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 123–135.

Utami, S., & Loupatty, L. G. (2024). INTELEKTIVA (Studi empiris pada KPP Pratama Ambon). 6(2), 111–126. https://ambon.antaranews.com/berita/153264/penerimaan-

Vidyarto, N., & Denny, K. (2021). Kepatuhan Wajib Pajak: Pelayanan Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Dan Ketegasan Sanksi Pajak. Jurnal Paradigma Akuntansi, 3(3), 1038. https://doi.org/10.24912/jpa.v3i3.14886

Wardhana, Sri Wahyuni Endang (2017). Analisis Target Penerimaan Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Selatan.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Sari, I., Daud, D. ., & Ahmad, R. . (2024). Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Selatan. Al-Buhuts, 20(2), 285–298. https://doi.org/10.30603/ab.v20i2.5760

Issue

Section

Articles